Google+ Followers

Minggu, 06 Juni 2010

DRYPOINT

DRYPOINT



Pengertian
Drypoint adalah sebuah teknik seni grafis (intaglio), di mana gambar dituangkan ke lempeng tembaga atau seng dengan ujung jarum. Seperti etsa, drypoint lebih mudah bagi seorang seniman terlatih dalam menggambar yang menguasai ukiran, sebagai teknik penggunaan jarum lebih dekat untuk menggunakan pensil daripada alat pengukir.
Garis diproduksi dengan mencetak sebuah drypoint sebenarnya dibentuk olehujung jarum yang tajam, selain depresi terbentuk di permukaan lempeng. Sebuah jarum yang lebih besar, dibentuk oleh sudut curam alat ini, akan terus banyak tinta, menghasilkan garis, bersifat lembut padat yang membedakan drypoint dari metode intaglio lainnya seperti etsa atau ukiran yang halus hasilnya, bermata garis keras. Ukuran atau karakteristik lubang goresan biasanya tidak bergantung pada berapa banyak tekanan diterapkan, namun pada sudut jarum

Sejarah
Teknik ini tampaknya telah diciptakan oleh Housebook Master, seorang seniman Jerman selatan abad kelima belas, semua yang di cetak drypoint saja. Di antara artis yang paling terkenal dari master cetak adalah Albrecht Dürer memproduksi 3 drypoints sebelum meninggalkan teknik Rembrandt van Rijn Harmenszoon sering digunakan, tetapi biasanya dalam hubungannya dengan etsa dan ukiran. Seperti teknik intaglio , mereka semua dapat digunakan pada plat yang sama. Alex Katz menggunakan proses ini untuk membuat beberapa karya yang terkenal, seperti "Sunny" dan "Perenang".
Pada abad ke-20, banyak seniman memproduksi drypoint, termasuk Max Beckmann, Milton Avery, dan Paul Hermann. Dengan menambahkan aquatint, pekerjaan pada pelat dan tinta dengan berbagai warna, artis seperti Maria Cassatt telah menghasilkan drypoint warna. Kanada artis David Brown Milne dikreditkan sebagai yang pertama untuk memproduksi drypoints diwarnai oleh penggunaan beberapa plat, satu untuk setiap warna.

Jenis-jenis jarum
Setiap benda tajam secara teoritis dapat digunakan untuk membuat sebuah drypoint, asalkan dapat digunakan untuk mengukir garis ke logam. Peralatan Kedokteran Gigi, kuku, dan file logam semua dapat digunakan untuk menghasilkan drypoints. Namun, beberapa jenis jarum diciptakan khusus untuk drypoints lebih disukai:
- jarum Diamond-tipped :mengukir dengan mudah melalui logam apapun dan tidak perlu mengasah, tetapi mereka mahal.
- Carbide berujung jarum baja :juga dapat digunakan untuk efek yang besar, dan lebih murah daripada berlian-tip, tetapi mereka sering perlu mengasah untuk mempertahankan titik yang tajam. jarum Steel secara tradisional digunakan.



Proses Cetak

Percetakan pada dasarnya adalah sama dengan teknik intaglio lainnya, tapi perawatan ekstra diambil untuk menjaga lubang goresan itu. Setelah gambar selesai, atau paling tidak siap untuk membuktikan, penggrafis mengoleskan tinta ke plat dengan pengoles. Begitu plat sudah benar-benar tertutup dengan lapisan tipis, sebuah kain digunakan untuk menghapus tinta berlebihan, dan kertas (biasanya halaman dari buku telepon lama atau koran) dapat digunakan untuk menyapu wilayah gambar paling ringan . Setelah jumlah yang diinginkan tinta dihapus, plat dijalankan(di pres) menggunakan alat pengepres etsa bersama dengan selembar kertas basah(lembab) untuk menghasilkan cetakan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih ya infonya mbaee , manfaat pisan euy buat tugas;))